Minggu, 20 November 2016

Daftar Negara Terkaya dan Termiskin di Dunia

negara terkaya di dunia - Worldatlas mengeluarkan daftar negara-negara terkaya di dunia. Negara-negara tersebut mampu membukukan pendapatan yang tinggi. Selain itu, penduduk di negara-negara tersebut juga mampu mendapatkan penghasilan yang berlimpah. Karakteristik lain yang masuk dalam kategori negara kaya adalah mampu menciptakan kestabilan ekonomi. Di luar itu, disparitas antara yang kaya dan yang miskin juga tak tinggi. Menariknya, dalam daftar tersebut, sebagian negara kaya merupakan negara-negara yang berada di Timur Tengah. Negara di wilayah tersebut mampu menyandang sebagai negara terkaya karena merupakan penghasil minyak. Sumber daya alam tersebut mampu memberikan kesejahteraan bagi warga.

Negara mana saja yang masuk ke dalam daftar tersebut, dikuti dari Worldatlas, Minggu (9/10/2016), berikut ini 10 negara terkaya di dunia.

10 negara terkaya di dunia

10. Arab Saudi
Arab Saudi merupakan negara yang memiliki kekuatan ekonomi yang tangguh. Negara yang mengandalkan pendapatan dari minyak ini masuk ke dalam daftar 10 negara terkaya di dunia. Pendapatan per kapita negara ini mencapai US$ 51,924 atau sekitar Rp 679 juta (estimasi kurs 13.085 per dolar AS). Pendapatan tersebut berasal dari kekuatan sektor perminyakan.

9. Amerika Serikat (AS)
Dengan penduduk mencapai 310 juta jiwa lebih dan tergolong sebagai negara yang padat, tidak menghalangi Amerika untuk bisa mengembangkan perekonomian sehingga mampu masuk daftar negara terkaya di dunia. Pendapatan per kapita AS mencapai US$ 54,630 atau kurang lebih Rp 714 juta. Sumber pendapatan ini berasal dari industri otomotif, teknologi dan beberapa sektor lainnya.

8. Swiss

Swiss memiliki pendapatan per kapita US$ 57,235 atau kurang lebih Rp 748 juta. Banyak miliarder yang menanamkan saham di negara ini dan berinvestasi di sana. Kota terkenal seperti Zurich, Geneva dan Switzerland berkali-kali menjadi negara dengan standar kehidupan paling baik di dunia.

7. Norwegia

Negara dengan ibukota Oslo ini memiliki pendapatan per kapita US$ 64,856 atau Rp 848 juta. Norwegia memiliki jumlah penduduk sebanyak 5 juta jiwa. Pendapatan negara juga didapat dari sektor laut, sumber daya alam dan beberapa eksplorasi minyak bumi.

6. Uni Emirat Arab

Negara di Timur Tengah yang luas negaranya tidak lebih besar dari Amerika Serikat ini hanya memiliki jumlah penduduk sebanyak 9,2 juta jiwa. Namun negara ini mampu membukukan pendapatan per kapita sebesar US$ 67,674. Sektor penyumbang pendapatan negara terbesar berasal dari sektor pelayanan dan telekomunikasi.

5. Brunei Darussalam

Negara kecil dengan perekonomian yang kaya ini berasal dari perusahaan di dalam dan di luar negeri, dengan pemerintahan yang kuat pula menjadikan pendapatan per kapita negara ini menjadi salah satu yang terbesar yaitu US$ 71,185 atau Rp 931 juta. Sektor terbesar penyumbang dana negara yaitu berasal dari ekspor minyak mentah dan gas.

4. Kuwait

Negara kecil ini juga mampu membangun perekonomian yang kuat di negaranya dengan memperoleh pendapatan per kapita sebesar US$ 73,246 atau Rp 958 juta. Eksplorasi minyak bumi menjadi penyumbang hampir 95 persen dari seluruh pendapatan negara.

3. Singapura

Singapura menjadi yang negara terkaya di dunia nomor 3 di dunia dengan total pendapatan per kapita mencapai US$ 82,763 atau Rp 1 miliar. Kekayaan Singapura berasal dari sektor pelayanan, ekspor industri kimia dan memiliki beberapa lainnya. Singapura menjadi salah satu negara tersibuk di dunia dengan mengekspor barang muatan ke seluruh dunia yang  mencapai US$ 414 miliar.

2. Luxembourg

Total pendapatan per kapita negara ini mencapai US$ 97,662 atau Rp 1,2 miliar dengan jumlah total penduduknya mencapai 531 ribu jiwa lebih. Kekayaan negara ini berasal dari sektor finansial, industri besi dan baja. Luxembourg menjadi negara dengan kepemilikan aset terbesar di dunia.

1. Qatar

Qatar menjadi negara paling kaya di dunia dengan mengantongi pendapatan per kapita sebesar US$ 140,649 atau Rp 1,8 miliar dan jumlah penduduknya hanya 2 juta jiwa lebih. Negara ini terkenal akan eksplorasi minyak bumi, pendapatan negara dan Pendapatan Domestik Bruto sebesar 85 persen berasal dari sektor ekonomi. Dengan kemajuan negara ini, FIFA menunjuk Qatar sebagai tuan rumah dari Piala Dunia FIFA 2022 mendatang.

negara termiskin di dunia

Berikut ini adalah 10 termiskin di dunia yang kami urut berdasarkan data yang telah ditetapkan oleh Bank Dunia. Urutannya ditentukan berdasarkan negara-negara yang memiliki nilai GDP/PDB paling rendah. Mari kita lihat, negara-negara apa saja yang masuk dalam daftar tersebut:

Termiskin 10 Dunia: Negara Madagaskar

Urutan negara termiskin ke-10 dunia ditempati oleh Madagaskar. Negara yang disebut-sebut ditemukan oleh orang Indonesia itu memiliki nilai GDP/PDB kurang dari US$ 1.500. Dari data yang dilangsir oleh Bank Dunia, 95% penduduk Madagaskar berpendapatan dibawah US$ 2 per hari. Perselisihan politik yang sudah lama terjadi dan tata kelola yang buruk dianggap sebagai penyebab utama rusaknya perekonomian Negara tersebut. Perekonomian Madagaskar yang sangat bergantung pada perikanan, pertanian, dan produksi pakaian tidak ditopang oleh infrastruktur (terutama jalan raya) yang memadai. Hal ini mengakibatkan para petani kesulitan untuk membawa hasil pertanian mereka. Sektor perdagangan internasional pun sulit berkembang karena letak Madagaskar yang secara geografis terisolasi dunia.

Termiskin 9 Dunia: Negara Guinea

Negara termiskin ke-9 dunia ditempati oleh Guinea. Catatan GDP/PDB Negara di Afrika barat itu untuk tahun 2015 lalu, menunjukkan angka kurang dari US$1.400. Keadaan perekonomian Negara tersebut diperparah akibat terjadinya epidemi virus Ebola 2014 lalu. Faktor lain yang dianggap sebagai sebab utama lambatnya ekonomi Guinea adalah ketidakstabilan politik dari Negara itu sendiri.

Termiskin 8 Dunia: Negara Eritrea

Negara termiskin ke-8 dunia ditempati oleh Eritrea. Negara kecil yang terletak di timur laut Afrika tersebut hanya memiliki GDP/PDB sebesar US$1.200. Meskipun, memiliki sektor pertambangan yang menjanjikan, penduduk Eritrea sangat menderita akibat dari tu gaya pemerintahan yang sangat represif. Kemiskinan tersebar luas dan ribuan warganya melarikan diri setiap bulan. Akibat dari ini pemerintah Eritrea sudah berulang kali menerima sanksi dari PBB.

Termiskin 7 Dunia: Negara Mozambik


Negara termiskin ke-7 dunia ditempati oleh Mozambik. Negara berpenduduk 25 juta jiwa ini terletak di Afrika bagian selatan. Besaran GDP/PDB dari Negara ini kurang dari US$1.100. Sebenarnya, Mozambik telah memperlihatkan trend pertumbuhan ekonomi yang menjanjikan selama 1 dekade terakhir. Namun, pertumbuhan tersebut kurang dapat dirasakan oleh penduduk Mozambik. Kemiskinan tetap saja terjadi akibat dari tidak meratanya pembangunan dan kurangnya kesempatan kerja.

Termiskin 6 Dunia: Negara Nigeria

Negara termiskin ke-6 dunia ditempati oleh Nigeria. Nigeria adalah sebuah Negara yang terletak di Afrika Barat dan memiliki jumlah penduduksebesar 173 juta jiwa. Negara dengan penduduk muslim terbanyak di Afrika ini hanya memiliki GDP/PDB sebesar US$1.070. Beberapa tahun terakhir, Negara tersebut terus menggenjot industri ekstraktif untuk dapat memberikan konstribusi terhadap perekonomian Negara. Namun, akibat dari ketidakstabilan politik, tata kelola kelembagaan yang buruk, dan ketergantungan dari Negara pendonor, membuat perekonomian Negara ini tidak menunjukkan peningkatan yang menjanjikan.

Termiskin 5 Dunia: Negara Burundi

Negara termiskin ke-5 dunia ditempati oleh Burundi. Negara kecil berpenduduk 10 juta jiwa ini terletak di Afrika Tengah. Negara ini hanya mencatat perolehan GDP/PDB sebesar US $951. Ketidakstabilan politik, korupsi yang merajalela, dan rendahnya tingkat pembangunan dianggap sebagai faktor utama penyebab ekonomi negara ini sulit berkembang. Akibatnya, kemiskinan pun semakin meluas.

Termiskin 4 Dunia: Negara Liberia

Negara termiskin ke-4 dunia ditempati oleh Liberia. Dengan penduduk sebesar 4 juta jiwa, negara ini terletak di pesisir barat Afrika. Nilai GDP/PDB Liberia berada dikisaran US $935. Liberia masih merasakan derita akibat dari perang saudara yang terjadi selama 20 tahun. Kemiskinan yang meluas, buta huruf, dan korupsi membuat ekonomi negara ini kian rapuh.

Termiskin 3 Dunia: Malawi

Negara termiskin ke-3 dunia ditempati oleh Malawi, sebuah Negara yang terletak di Afrika Selatan. Per kapita GDP/PDB dari negara ini diperkirakan sebesar US $ 820. Sebenarnya, ekonomi Malawi telah meningkatkan dalam beberapa tahun terakhir, tetapi tingginya inflasi dan ketergantungan pada pembiayaan donor menjadi faktor penghambat terjadinya perbaikan yang lebih luas.

Termiskin 2 Dunia: Republik Demokratik Kongo

Negara termiskin ke-2 dunia ditempati oleh Republik Demokratik Kongo, sebuah negara yang terletak di Afrika Tengah. Negara yang berpenduduk 67 juta jiwa ini hanya meraih perolehan GDP/PDB sebesar US $750. Konflik masa lalu yang terus terjadi hingga kini memicu terjadinya ketidakstabilan di pemerintahan. Akibatnya, ekonomi negara ini sulit bertumbuh.

Termiskin 1 Dunia: Republik Afrika Tengah

Nah, sampailah kita pada negara termiskin di dunia yang ditempati oleh Republik Afrika Tengah. Negara kecil yang terletak di pedalaman Afrika dengan jumlah penduduk yang hanya sebesar 4 juta jiwa. Negara ini mencatat perolehan GDP/PDB terkecil di dunia, yakni hanya sebesar US $640. Kekerasan sektarian yang hampir terjadi setiap tahun membuat ekonomi Negara ini sulit berkembang. Tata kelola pemerintahan yang amburadul dan korupsi yang merajalela menambah buruknya keadaan. Akibatnya, kemiskinan yang semakin meluas sulit terelakkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar