Senin, 05 Desember 2016

Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah (Tulisan Arab)

mengenal huruf hijaiyah - Al-Qur’an menggunakan bahasa Arab dan huruf hijaiyah. Meski begitu, Al-Qur’an diturunkan bukan cuma untuk orang Arab saja, tetapi seluruh umat Islam di dunia. Untuk itu, agar bisa memahami isi bacaan Al-Qur’an, kita harus tahu cara membacanya. Bagi orang Indonesia, huruf hijaiyah bukan huruf yang utama digunakan sehari-hari. Di sekolah reguler pun yang diajarkan adalah cara membaca huruf latin. Namun, untuk belajar membaca huruf Arab, kini sudah banyak sekolah madrasah atau guru ngaji yang mau mengajarkannya.

Tapi, masih banyak orang yang masih tidak bisa membaca Al-Qur’an. Mungkin ada yang waktu kecil belajar, tapi karena sering tidak dipraktikkan, bacanya jadi tidak lancar. Namun, belajar tidak mengenal kata terlambat. Selagi belum masuk ke liang lahat, masih ada waktu untuk belajar.

Agar bisa membaca Al-Qur’an, kita perlu mengenali huruf-huruf hijaiyah, bagaimana bentuknya dan cara membacanya. Berikut ini huruf hijaiyah beserta huruf latinnya. Cara bacanya jangan ditelan mentah-mentah, misalnya di situ tulisannya ra, padahal bacanya ro. Kalau dalam penulisan bahasa Indonesia memang begitu, dalam KBBI juga ra artinya huruf nama huruf ke-10 dalam abjad Arab.


Huruf Pengucapan
ا alif
ب ba
ت ta
ث tsa
ج jim
ح ḥa
خ kha
د dal
ذ dzal
ر ra
ز zai
س sin
ش syin
ص shad
ض dhad
ط tha
ظ zha
ع ain
غ ghain
ف fa
ق qaf
ك kaf
ل lam
م mim
ن nun
ه ha
ء hamzah
و wau
ي ya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar